Inilah Cara Mudah membuat Disinfektan Sendiri Dari Cairan bahan Pemutih

Ada beberapa cara untuk mencegah penyebaran coronavirus baru atau COVID-19, yang saat ini endemik di Indonesia. Misalnya, dengan mempertahankan daya tahan tubuh, kebersihan diri dan lingkungan, juga melakukan penyemprotan di sekitar lingkungan yang dilakukan oleh jasa penyemprotan desinfektan.

Selain mencuci tangan dengan sabun dan pembersih tangan, disinfektan juga diperlukan. Tujuannya adalah untuk membunuh berbagai jenis virus dan bakteri di sekitar kita, termasuk coronavirus.

Namun, alih-alih bergegas ke supermarket, tidak ada salahnya membuat antiseptik sendiri di rumah. Jadi bagaimana Anda membuat antiseptik mudah dan aman? Lihat penjelasan berikut.

Apa itu antiseptik?

Antiseptik adalah cairan pembersih, umumnya tergantung pada hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol, dan dimaksudkan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang ada di ruangan atau permukaan padatan.

Disinfektan umumnya digunakan untuk membersihkan permukaan benda yang disentuh banyak orang. Misalnya, gagang pintu, meja, kursi, keran wastafel, lemari, dll.

Antiseptik juga mengandung biosida konsentrasi tinggi. Oleh karena itu, antiseptik lebih efektif dalam membunuh bakteri dan mikroorganisme pada permukaan tubuh yang tidak vital, yang memediasi paparan virus atau bakteri berbahaya ketika dihirup atau disentuh oleh manusia.

Cara membuat antiseptik sendiri di rumah

Untuk menyiapkan antiseptik Anda sendiri di rumah, Anda dapat membeli antiseptik utama, produk pembersih rumah.

Jenis antiseptik yang direkomendasikan adalah ovarium yang mengandung natrium hipoklorit atau pembersih karbonik yang mengandung benzalkonium klorida. Kedua produk rumah tangga efektif dalam membunuh bakteri dan mikroorganisme skala besar.

Karena itu, penting untuk mencampur ovarium dengan air sebelum menggunakannya. Jangan mencampur dengan bahan kimia lain karena mereka mungkin berisiko.

Di bawah, kami menunjukkan kepada Anda cara membuat antiseptik di rumah untuk mendapatkan hasil akhir dari satu liter cairan antiseptik:

Alat yang diperlukan:

Botol semprot plastik

Botol kaca dengan tutupnya

• gelas pengukur

• Bersihkan kain flanel, serat mikro, atau kain lembab.

• Sarung tangan sekali pakai

• Masker N95 atau masker bedah

bahan yang dibutuhkan:

• 2 sendok makan (30 ml) klorin per liter air

• Air bersih

Apa yang harus dipertimbangkan:

Contoh perhitungan dalam artikel ini adalah menggunakan pemutih 5% untuk mencairkan hingga mencapai tingkat 0,05%. Untuk mencapai tingkat 0,05% sebagai produk akhir, dilakukan rasio 1: 100. Misalnya, satu bagian ovarium dan 99 bagian air.

Produk pemutih tersedia di pasaran dengan tingkat mulai dari 2,5 hingga 5%. Oleh karena itu, selalu hitung rasio dengan benar sampai konsentrasi produk akhir tetap pada 0,05% untuk rasio 1: 100.

Cara membuat dan menggunakan:

• Pertama-tama tuangkan pemutih ke dalam botol dengan hati-hati. Kemudian tambahkan air bersih dan aduk hingga rata.

• Dalam hal ini, tutup botol dengan kencang dan kocok perlahan sampai cairan pemutih atau karbol bercampur sempurna dengan air.

• Saat larutan pemutih atau karbohidrat cair tercampur sempurna, Anda dapat mendistribusikan larutan cair dalam botol semprot yang lebih kecil untuk kemudahan penggunaan.

• Cairan desinfektan siap digunakan. Anda bisa membersihkan permukaan benda keras yang sering disentuh dengan sabun dan membersihkan air panas sebelum menggunakan cairan antiseptik.

Ikuti langkah-langkah di atas di ruangan yang berventilasi baik atau, idealnya, di kamar dengan jendela terbuka. Karena ovarium cair yang sangat pekat dapat mengeluarkan asap beracun, maka sebaiknya tidak digunakan di ruangan kecil yang tertutup.

Selain menggunakan solusi sterilisasi encer, Anda dapat menggunakan cairan yang mengandung setidaknya 70% alkohol atau sterilisasi yang terdaftar di Environmental Protection Agency (EPA), yang harus efektif dalam mengobati virus baru. Corona atau COVID-19, karena mengandung amonium aktif kuaterner, hidrogen peroksida dan asam asetat peroksi. Berbagai antiseptik dengan bahan-bahan ini dapat ditemukan di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *